Berawal dari screenshot chat di Whatsapp yang mengabarkan bahwa Muhammad Al Khathath yang bernama asli Gatot Saptono, Sekjen FUI penggerak aksi 313, ditangkap tadi malam.

4b725ab9-33dc-48c2-8c74-172cfc7723e1

Penulis mencoba menelusuri kepastian kabar tersebut dengan mengontak tim anonymous tentang kebenaran informasi itu. Anonymous pun mengkonfirmasi kepastian kabar tersebut dari informannya yang ada di Mako Brimob.

Melalui Fanpage dan laman website-nya, Markibong, mereka memastikan bahwa Al Khathath alias Gatot benar ditahan sejak Kamis malam, 30/3/2017, di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Penahanan ini karena ada agenda terselubung yang sudah dicium oleh Intelijen Negara.

Dari akun twitter @RadioDakta penulis juga menemukan cuitan-cuitan yang membenarkan kabar tersebut.

Screen Shot 2017-03-31 at 9.19.59 AM

Admin @RadioDakta mendapat informasi langsung dari Koordinator Tim Pengacara Muslim (TPM), Achmad Michdan.

“Informasi, ana baru ditelpon Ustadz Khaththath ditahan di Mako Brimob sejak tadi malam dan mohon pendampingan, jam 09. 00 WIB kita meluncur ke sana,” kata Michdan, pagi tadi.

Sementara itu, sejumlah pengacara baik dari TPM, Pusat Hak Azasi Muslim Indonesia (PUSHAMI) dan lain-lain pagi ini meluncur menuju Mako Brimob, Depok untuk mendampingi Al-Khathath.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono menyatakan menangkap lima orang terkait dugaan upaya makar.

“Mereka ditangkap atas dugaan permufakatan makar, tapi berbeda dengan yang sebelumnya,” lanjut Argo.

Argo mengatakan, kelima orang tersebut ditangkap di lokasi berbeda pada pagi tadi. Saat ini kelimanya masih diperiksa intensif di Markas Komando Korps Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Gatot Saptono alias Al Khathath, dulu sempat menjadi Ketua DPPP Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) namun dikeluarkan.

Sejak masih duduk di bangku kuliah, Gatot memang sudah meyakini bahwa Pancasila dan UUD ’45 NKRI ini adalah thagut, dan mudah mengkafirkan orang Islam lainnya yang tidak mau mengikuti fahamnya dia.

Kalimat seperti, “Ente semua ini kafir karena mendukung thagut (Pancasila & UUD ’45) dan tak mau berjuang mendirikan Khilafah Islamiyah, kalian kafir zalim dan fasiq!” Mudah dilontarkan dari mulut Gatot kepada sesama muslim lainnya yang tidak sefaham dengan dia.

Iklan